Cara Membuat Artikel Yang Baik


Cara Membuat Artikel yang  Baik


Setelah kita memiliki blog atau website, selanjutnya kita mengisinya dengan dengan conten yang baik, caranya dengan membuat artikel yang top dan bermutu. Supaya artikel tetap bermutu maka para penulis harus banyak membaca referensi melalui koran, majalah buletin dan yang lain, atau bisa mencari bahan bacaan di perpustakaan umum, perpustakaan lembaga pendidikan atau membeli buku sebagai koleksi pribadi. Penulis yang baik harus menjadi pembaca yang baik dan mau memulai menulis dan terus belajar, tulislah materi yang betul dikuasai  sehingga lancar dalam menulis. Segeralah menulis bukan hanya diangan saja, atau hanya berkata saja. Mulailah menulis pengalaman pribadi atau pengetahuan yang selama ini belum diungkapkan dalam tulisan, bila belum baik bisa diedit sendiri bila sudah layak bisa dipublikasikan lewat blog. Namun artikel yang baikpun tak ada artinya bila tak ada yang membaca, karena itu dibutuhkan pembaca agar tulisan bisa diketahui orang lain. Tulislah materi yang sangat dibutuhkan oleh pembaca dan bermanfaat bagi pembaca. Selera pembaca sangat beraneka ragam, itu hak mereka untuk memilih bacaan. Sebelum menulis artikel di blog perlu mencari kata kunci yang tepat sehingga dapat muncul di pencarian atau search engine, bisa melakukan riset kata kunci melalui Google Keyword Planner , untuk mendapatkan judul yang berkualitas yang mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Kita harus selektif dan kreatif dalam menentukan judul sebagai kata kunci.

Artikel top atau bermutu memiliki persyaratan antara lain :


Satu
Memberikan  informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang atau pembaca. 
Pembaca merasa diuntungkan dengan artikel yang dibacanya, mereka puas, karena pembaca mendapat  informasi yang betul-betul baru dan sangat dibutuhkan, bermanfaat bagi mereka. Misalnya tentang keberadaan Guru Wiyata Bakti, Guru Wiyata Bakti saat ini jumlahnya sangat banyak dan honornya tidak sebanding dengan tugas pelayanannya dan ijazah yang dimilikinya. Mereka mengabdikan diri karena memang keberadaannya sangat dibutuhkan. Atau sekitar Kisi-kisi Ujian Nasional 2015 sungguhpun artikel sudah terkubur lama dalam blog, namun tetap up to date/ terkini isi informasinya.

Dua
Dikemas dalam bahasa yang sederhana mudah dipahami mudah dimengerti
menarik dan tidak membosankan, langsung pada  permasalahannya, sehingga tidak berputar-putar agar artikel menjadi panjang. Ditulis dalam bahasa yang menarik, menurut saya tidak perlu menggunakan banyak kata asing yang tidak dikenal, sehingga alur berpikir pembaca menjadi terputus hanya karena ada kosa kata yang tidak diketahui artinya. Bila terpaksa harus merujuk kata asing, sebaiknya ada terjemahannya, sehingga pembaca akan mendapat info secara jelas.
Tiga
Bukan dari tulisan orang lain yang disajikan secara langsung, yang terkesan mengatasnamakan karya sendiri,  sehingga melanggar hak cipta. Tulisan sebaiknya asli tulisan tangan sendiri dari ide sendiri, sungguhpun asalnya dari membaca karya orang lain atau dari buku bacaan, bahkan dari hasil melihat tayangan di televisi sekalipun. Kata kuncinya adalah bukan copy paste, karena akan ketahuan juga, dan apa untungnya menulis hasil cipy paste. Karena mesin google sangat peka dan tidak suka dengan duplikat konten. Bukankah banyak orang tidak mau disebut sebagai sebagai plagiat. Hasil mendengar dari informasi orang lain atau dari bacaan, bisa ditulis ulang dengan kata-kata sendiri karena tiap orang punya gaya penulisan yang berbeda, gaya atau style ini yang akan membedakan tiap tulisan.

Empat
Memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena komunikasi dalam bentuk tulisan, maka harus memperhatikan Aturan Tata tulis atau Ejaan, Ejaan yang berlaku saat ini masih menggunakan EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ) yang berlaku sejak tanggal 16 Agustus 1972. EYD sudah berlaku hampir setengah abad, namun kadang masih banyak ditemui tulisan yang tidak sesuai EYD, termasuk dalam ucapan Bahasa Indonesia. Banyak penutur yang tidak tepat dalam berbahasa atau dalam menyampaikan pesan, karena tidak tepat dalam memilih diksi/pilihan kata yang diperlukan, sehingga maknanya menimbulkan banyak penafsiran. Barangkali Pembaca bisa mencari contoh sendiri, saya yakin Anda bisa  membedakan yang benar dan yang tidak benar, seperti kata "sulit" sekarang banyak yang digunakan kata susah, padahal kata susah lawannya senang.Jadi penggunaan kata tersbut tidak tepat.

Lima
Artikel  ditulis dengan cermat, runtut  sehingga tidak menimbulkan multitafsir bagi pembacanya atau membingungkan pembacanya. Tulislah apa adanya dengan kalimat sederhana dan memenuhi aturan kaidah Bahasa Indonesia, tidak banyak menggunakan kata asing yang bisa mengubah makna.

Enam
Artikel dalam blog atau tulisan untuk mengisi website mestinya bisa terindek oleh mesin google, dengan memperhatikan kata kunci atau keyword, sehingga bisa mengarahkan trafik pada blog kita. Daftarkan artikel Anda ke google, agar terindek oleh mesin pencarian, sehingga akan muncul di top 10 google. Artikel yang baik sekalipun banyak manfaatnya bila tidak ada yang membacanya apalah artinya. Karena itu artikel di blog sebaiknya didaftarkan di google agar mudah muncul di mesin pencarian. Namun demikian karena perkembangan blog sangat pesat, sehingga terjadi persaingan yang sangat ketat. Tulisan yang hebat tetap dapat muncul di top 10 google, bagi penulis pemula seperti saya tidak selalu menargetkan di top 10 google, karena tidak mudah sungguhpun sering muncul juga di pencarian halaman 1.

Tujuh
Jangan takut dikatakan artikelnya jelek, artikel baik mesti diawali dari yang jelek, karena semakin sering menulis dan terus belajar menulis maka kualitas tulisan akan semakin baik, jangan berkhayal memiliki artikel yang baik tapi tak pernah memulai menulis, karena itu tulislah biarpun jelek lama-lama pasti akan baik juga. Lebih baik  memulai menulis walaupun jelek, dan dimulai saat ini bukan besok, akan lebih baik ada tulisan tetapi kurang baik dari pada akan membuat tulisan yang sangat baik tapi tak pernah menulis.

Delapan
Jangan menunda untuk menulis, mulailah sekarang juga, dan yakinlah bahwa sumber inspirasi selalu dapat kita temukan  tanpa sengaja. Ya sekarang juga, tulislah yang anda mengerti betul seperti pengalaman perjalanan dan yang lain.
Sembilan
Jangan mengatakan apa yang akan saya tulis, bagaimana memulainya, lakukan tulislah apa yang anda ketahui. Karena pengalaman atau masalah yang diketahui dengan pasti akan mudah diungkap dengan tulisan dari pada yang tidak dimengerti.
Sepuluh
Bila mengambil dari sumber lain, atau bacaan lain cantumkan sumber referensi tersebut, sehingga kita tidak dianggap mencuri karya orang lain.
Sebelas
Artikel sebaiknya tidak terlalu singkat, paling tidak terdiri  atas 1500 kata, sehingga informasinya akan lebih lengkap dibanding bila artikelnya sangat singkat. Dengan artikel yang panjang dan lengkap maka informasi yang disajikan akan lebih lengkap dibanding dengan artikel yang sangat pendek.
Duabelas
Usahakan ada internal link pada artikel yang lebih populer, sehingga akan menghubungkan pada artikel yang lebih dulu terindeks oleh mesin pencarian, yang terdapat pada situs atau blog kita. Internal link maksudnya adalah tulisan sendiri di blog yang sudah terindek mesin google, misalnya di blog ini tentang membiasakan menulis aktivitas pendidikan.
Tiga belas 
Tampilan tulisan usahakan yang menarik, dengan didesain rata kiri dan rata kanan seperti tulisan ini, sehingga para pembaca akan senang dan betah membaca dan tampilan tidak membosankan. Karena kesan pertama begitu menggoda dan ingin tahu isinya.

Semoga  bermanfaat !    

   
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :