Pengertian Weblog



Apakah Blog Itu ?



Sebelum kita merancang membuat blog, ada baiknya kita mengetahui tentang pengertian blog. Sudah banyak yang menulis artikel seperti ini, namun saya ingin menjelaskan kepada teman-teman yang belum mengerti tentang blog internet.

Blog atau weblog sering disebut juga situs web adalah sejenis catatan harian atau catatan pribadi yang berfungsi sebagai buku harian yang langsung terkoneksi ke internet, sehingga bisa dibaca oleh siapapun yang bisa mengakses blog tersebut. Blog kependekan dari weblog, pertama kali diperkenalkan pada bulan Desember 1997 oleh Jorn Barger lahir tahun 1953 di Ohio Amerika Serikat.( Wikipedia Indonesia )

Istilah blog saat ini menjadi sangat populer dengan adanya jaringan internet masuk ke berbagai area, sehingga memudahkan orang untuk mengakses internet. Membuat blog tidaklah sulit, berbeda dengan membuat website, karena website dibutuhkan bahasa pemrograman yang sangat rumit, betul sangat rumit.

Saat ini begitu cepatnya pertumbuhan website dan blog baru di seluruh dunia.
Luar biasa,  dunia sudah menyatu dengan adanya internet. Kita sendiri bila merancang membuat blog dan sudah menemukan nama, belum tentu nama domain yang kita daftarkan bisa diterima, karena ternyata nama domain tersebut sudah dimiliki olah orang lain. Lalu bagaimana, ya kita mencari nama lain dan mendaftarkan lagi dan bila di tolak ya ganti nama lagi sampai nama yang kita daftarkan bisa diterima. Itu karena sangat banyak situs domain di dunia ini dan tak ada satupun yang kembar. Karena itu bila kita ingin buat blog ya cari domain dan daftarkan segera sekarang juga bila besok sudah dimiliki orang lain, proses ini bisa berulang-ulang.

Dengan membuat dan memiliki blog, banyak manfaat yang kita dapatkan, antara lain :

1. Sebagai catatan harian atau buku harian.
2. Menyalurkan hoby sebagai latihan menulis untuk mengeluarkan isi hati, sehingga menghasilkan artikel atau 
    karya tulis.
3. Tulisan atau informasi hasil karya kita bisa bermanfaat dan mensuport  orang lain dan diri kita.
4. Dengan sering menulis menjadikan tidak mudah pikun bagi diri sendiri.
5. Rajin menulis maka harus banyak membaca dan tambah banyak pengetahuan.
6. Blog bisa dimanfaatkan untuk bisnis dan menghasilkan uang.
7. Menambah silaturahmi dan komunikasi dengan para pembaca.


Sumber referensi : Wikipedia Indonesia



Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :