Tips Agar Pintar Pasti Harus Belajar


 Agar Pintar Belajar Harus Belajar



Mulanya biasa kerja rutin di kantor, dengan fasilitas komputer serta printer seadanya yang termasuk kategori jadul, atau sudah ketinggalan zaman. Sambil menunggu jam pulang pukul 14.00 WIB, saya manfaatkan waktu untuk belajar internet yang pada awalnya juga tidak tahu, ternyata banyak informasi yang didapat, yang tak pernah aku duga sebelumnya. Di benak pikiran terlintas, andaikata memiliki perangkat sendiri untuk mengakses internet, pasti senang bisa berselancar di dunia maya. Bisa membuka internet sendiri di rumah, tidak ketergantungan di tempat kerja yang jauh dari rumah. Aku  bermimpi agar memiliki perangkat itu dan ternyata terwujud sungguh pun butuh waktu lama,  kita juga berusaha memiliki modum saat itu, agar lebih leluasa bisa mengakses internet. Karena belum ada jaringan telepon, sekarang sudah ada jaringan telepon kabel baik yang di atas maupun yang di tanam di bawah tanah dengan serat optik. 

Dengan memiliki perangkat speedy dan komputer bisa bebas berselancar di dunia maya, mengakses internet kapan saja di rumah. Banyak informasi yang dibutuhkan di blog yang di kunjungi, aku sempat berfikir, andaikata memiliki blog sendiri, pasti senang dan punya kebanggaan tersendiri. Hari berganti bulan dan terus seiring berjalannya waktu. aku mencoba mengumpulkan bahan bagaimana tentang internet cara membuat blog. Dengan pemikiran bahwa bila mau belajar pasti bisa, usia bukan alasan untuk tidak belajar. Banyak yang usia tua tetapi produktif dan ada juga yang tidak punya aktivitas, alias jadi pengacara, pengangguran yang tidak punya acara.

Saya berkeyakinan agar menjadi tahu dan pintar pasti harus mau belajar, awalnya pasti menghadapi kesulitan, namun jangan pernah menyerah, kalau belajar terus pasti bisa, sama dengan cara membuat artikel, awalnya isi tulisan tidak jelas lama kelamaan akan menjadi baik, termasuk bagaimana menyalurkan tulisan yang telah dibuat, mau di kirim ke mana ?. Supaya tulisan atau artikel bisa terbaca maka pilihan saya melalui blog, sebagai media yang tepat untuk menyalurkannya. Namun bagaimana membuat blog, karena pengetahuan sekitar website dan blog sama sekali tidak tahu. Tetapi jangan pernah menyerah untuk mempelajari sesuatu, Thomas Alva Edison sang penemu bola lampu, beliau sangat disiplin dan tidak pernah menyerah sejak usia muda sudah bekerja keras, ia membuat percobaan hingga jadi bola lampu sampai ribuan kali. Karena itu bila ingin maju maka harus belajar dan jangan cepat merasa puas diri. Dalam hal belajar membuat blog untuk menyalurkan artikel, umumnya berusaha terus untuk mengikuti tutorial dari para master, dan terus belajar untuk menyempurnakan tampilan blog. Pasti kita tidak pernah malu untuk belajar, dan tidak pernah takut salah, karena dengan kesalahan akhirnya berusaha untuk memperbaiki, kita bisa  memiliki pengalaman, dan orang lain tidak punya pengalaman itu. Sungguh pun blog yang saya buat saat itu sangat jelek dari yang paling jelek, kalau kita terus berusaha untuk memoles  pasti akan menjadi baik, karena untuk menjadi sempurna itu sulit. Bagaimana memoles dengan warna, dan bagaimana kita memahami tentang pengertian blog itu bisa dilakukan terus menerus.
  
Singkatnya dari yang jelek itu akhirnya bisa memiliki blog pantas untuk dikunjungi. Nama blog biasanya didapatkan melewati proses yang panjang, karena harus dicek di perusahaan penjual domain. Nama yang dipilih ternyata sudah ada yang punya, ganti nama lagi ternyata juga ada yang punya. Akhirnya harus diputuskan, untuk memilih nama lain, dan ternyata bisa karena belum ada yang memiliki. Menurut saya bahwa bila mau belajar, apa saja dengan tekun pasti bisa, usia jangan menjadi alasan untuk tidak berbuat sesuatu, karena setiap orang yang diberi umur panjang pasti akan menjadi tua, namun bukan berarti tua tidak berkarya. Banyak yang sukses setelah usia tua, seperti tokoh 10 orang terkaya di Indonesia, mereka pada awalnya juga orang yang biasa-biasa saja, ia menjadi sukses setelah usia tua karena bekerja keras dan tidak pernah menyerah. Rata-rata orang sukses setelah usia di atas 50 tahun bahkan di atas 70 tahun. Kesimpulannya bahwa agar pintar pasti harus belajar,dan terus belajar sambil memperbaikinya.

Terima Kasih! Semoga bermanfaat!

Penulis : Yulianto Praktisi Pendidikan Mahasiswa Pasca Sarjana tinggal di Purwokerto Jawa Tengah Indonesia

Kata Kunci :  


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

2 komentar