Tips Sukses Bisnis MLM


Tips Sukses Bisnis MLM




MLM membuat makmur !

Inilah fakta yang menakjubkan menurut Dave Roller ahli di bidang MLM dari Amerika Serikat. Ia adalah salah satu orang yang sukses di bidang MLM. Dalam bukunya yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, "Menjadi Kaya dengan Multi Level Marketing" mengatakan bahwa: Satu dari seratus rumah tangga di Amerika Serikat memiliki penghasilan bersih senilai 1 (baca satu) juta dollar atau lebih setahun. Sampai saat ini di Amerika Serikat memiliki hampir satu juta jutawan. Banyak ahli pemasaran berpendapat bahwa 80% jutawan saat ini, "membuat dirinya menjadi jutawan" dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini. Mereka tak hanya sukses di bidang keuangan saja, tapi mereka juga sangat sukses dalam menikmati kerja keras.
Seorang kondektur kereta api di Georgia yang hidup di sebuah rumah kecil, melihat peluang untuk kemandiriannya melalui MLM. Ia berhasil dalam kerja keras selama 8 tahun, sehingga ia mampu meningkatkan penghasilannya dari 18 ribu dollar sampai mencapai lebih satu juta dollar pertahun. Sungguh Luar Biasa!. Bisa dipastikan saat ini ada ribuan orang yang hidup sejahtera melalui MLM di seluruh Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, Jepang dan banyak lagi di negara lain, termasuk di Indonesia. Mereka sangat sukses dengan MLM. Ya sukses!

Apa itu MLM?
MLM singkatan dari Multi Level Marketing atau Network Marketing, Anda pasti pernah mendengar kata itu, atau pernah ikut bisnis MLM barangkali. MLM adalah sebuah pemasaran atau pendistribusian produk atau jasa dari perusahaan induk ke konsumen melalui model jaringan bisnis orang-orang yang independen. Orang kemudian mensponsorinya dan mendistribusikannya barang atau jasanya kepada konsumen dan seterusnya secara bertingkat atau le
vel. 

Bagaimana Masa Depan MLM?
Saat ini banyak model perdagangan yang menggunakan model MLM termasuk di Indonesia, dari produk barang, jasa, makanan bahkan pulsa menggunakan MLM. Anda juga bisa bergabung dengan sistem ini. Enak kelihatannya, terutama bila melihat yang sukses, bisa wisata ke luar negeri dengan gratis, memperoleh reward kendaraan mewah, rumah mewah, namun banyak juga yang gagal karena jaringannya rontok dan tidak mendapatkan apa-apa.
Ke depan ada tren baru dalam menjual produk, bahkan sekarang dengan sistem online yang bisa diakses dengan internet. Mereka tidak menawarkan barang dari pintu ke pintu, mereka cukup melalui internet, dan bagi anggota MLM bisa mendapatkan web replika yang bisa langsung di akses secara online. Wah hebat bukan? Mereka cukup bekerja di depan komputer dengan fasilitas jaringan internet, tidak perlu berlelah-lelah dan bermacet ria di jalan raya. Memang tidak ada kesuksesan yang didapatkan tanpa kerja keras, yang sudah kerja keras pun kadang belum tentu sukses, namun kesuksesan tidak hanya diukur dari uang dan harta saja. Kesuksesan bisa diukur dengan hati. 

Cara Kerja MLM
Napoleon Hill menyatakan " Anda akan menjadi apa yang Anda inginkan! " Umumnya kita setelah lulus sekolah atau kuliah, ingin bekerja untuk orang lain, bukan memilih "Lapangan Kerja apa yang Bisa saya Ciptakan?, Meski pernah mendapatkan keanggotaan lewat pendidikan, tapi tidak pernah berbuat sesuatu. Oleh karena itu dalam bisnis MLM yang harus dilakukan adalah:
1.  Mau memulai, lakukan sekarang juga, jangan besok!
2. Kerjakanlah dengan sungguh-sungguh, bila gagal maka perbaikilah dan pelajarilah penyebab kegagalan itu, 
    dan kerjakan terus dan terus kerjakan
3. Lakukanlah penggandaan diri Anda dalam diri orang lain atau duplikasikan diri Anda.

Legalitas Produk!
Produk yang dipasarkan oleh MLM memang harus diproduksi oleh perusahaan yang legal dan memiliki persyaratan sebagai perusahaan, Perusahaan di Indonesia harus menjadi anggota APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan produknya juga bisa dipakai oleh anggotanya. Bila produk berupa makanan maka harus memiliki sertifikat halal dari lembaga yang berwenang serta legalitas dari Badan POM dan diproduksi oleh perusahaan yang jelas dan memiliki hak patent
Memang sebagian masyarakat kita beranggapan bahwa bisnis MLM hanya akan menguntungkan yang di atas saja maksudnya yang bergabung sebelumnya. Meskipun pernyataan ini tidak semuanya benar, karena dalam sistem MLM adalah yang bekerja keras itulah yang sukses. Di bisnis konvensional pun sama, yang sukses adalah yang mau kerja keras. Sementara yang bekerja dan yang tidak bekerja mendapat hasil yang sama, namanya justru tidak adil. Yang tidak bekerja dan tidak mendapatkan apa-apa, menurut saya justru yang adil.
Memulai sesuatu yang baru memang tidaklah mudah, oleh karena itu mulailah sekarang bukan besok ! Dengan artikel ini kita bisa belajar banyak dari pelaku MLM yang sukses, sukses dalam artikel ini diukur dari segi materi, atau finansial. Akan lebih baik ia membantu orang lain karena ia memiliki banyak uang, dari pada ingin membantu tetapi sama sekali tidak memiliki uang. 

Semoga bermanfaat!
Sumber referensi : Menjadi Kaya dengan MLM oleh Dave Roller ( Terjemahan )





Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :