Info Program ProDep Bagi Pengawas, KS dan Guru Indonesia

          Info ProDep Bagi Pengawas, KS dan  Guru Indonesia

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan ( BPSDMPK ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Australia menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan ProDep singkatan dari Professional Development for Education Personel, untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs yang di mulai sejak bulan Juli 2014. Pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan Sistem PADAMU NEGERI untuk proses ajuan dan seleksi para peserta Diklat ProDep.

PADAMU NEGERI, adalah singkatan Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan. Padamu Negeri merupakan bentuk layanan Sistem Informasi terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia. Kerjasama ini sendiri ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara BPSDMPK-PMP diwakili oleh Kepala BPSDMPK-PMP yaitu Bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dengan PT Telkom Indonesia yang diwakili oleh Direktur Bapak Muhammad Awalluddin. 

Layanan  Padamu Negeri yang merupakan program Pemetaan Mutu Pendidikan dan  merupakan program Verifikasi dan Validasi NUPTK dan Evaluasi Diri Sekolah (EDS), diluncurkan oleh BPSDMPK-PMP dengan surat edaran Nomor : 1074/J/LL/2013 yang ditanda tangani oleh Kepala BPSDMPK-PMP yang ditujukan ke Kepala LPMP dan Kepala Dinas Kabupaten / Kota seluruh Indonesia.

Portal Utama PADAMU NEGERI dapat diakses melalui website resmi BPSDMPK-PMP dengan alamat http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu dan beberapa situs terkait diantaranya http://padamu.siap.web.id dan http://simpadamu.siap.web.id.  Melalui sistem ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( PTK ) secara perorangan/ individu untuk berpartisipasi dan bertanggung jawab atas informasi yang dimasukkan ke sistem karena akses login diberikan ke individu yang terlibat selain proses verifikasi dan validasi yang dilakukan administrator sekolah ( admin sekolah)  atau operator sekolah sampai operator LPMP secara administratif maupun dokumen pendukung untuk menjaga kualitas data yang masuk. Mari kita sukseskan program Pemetaan Mutu Pendidikan melalui PADAMU NEGERI.

Beberapa program ProDep yang menggunakan Sistem PADAMU NEGERI yang dimaksud antara lain: 
  • PPKSPS (Program Pendampingan Kepala Sekolah/Madrasah oleh Pengawas Sekolah) bagi Pengawas Sekolah/Madrasah.
  • PKB (Program Keprofesian Berkelanjutan) bagi Kepala Sekolah.
  • PPCKS (Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah) bagi Guru.
    Kegiatan program ProDep sepenuhnya bebas biaya dengan kuota terbatas. Sehubungan dengan program tersebut para calon peserta (Pengawas, Kepsek dan Guru) dihimbau melakukan pemutakhiran data Portofolio Personalnya menggunakan akun login masing-masing di PADAMU NEGERI sebagai dasar seleksi calon peserta terpilih program ProDep.
  • Surat Edaran pendukung kegiatan tersebut selengkapnya,  klik di sini  Program ProDep
  • Portal Informasi dan Umpan Balik bisa di unduh, klik  di sini   
  • Bila ingin tambahan penghasilan klik di sini

Sumber : Kemdikbud



Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :