Peran Guru TIK dalam Kurikulum 2013

Peranan Guru TIK dalam Kurikulum 2013


Lajunya perkembangan zaman menuntut pada layanan pendidikan kita agar tidak tertinggal jauh dengan negara lain. Pendidikan senantiasa disesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan situasi pembelajaran yang mendukung pengembangan potensi peserta didik, maka diperlukan dukungan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelaksanaan pemanfaatan TIK di sekolah tidak akan berjalan dengan baik bila tidak ada Guru TIK. Dengan pertimbangan tersebut maka peran Guru TIK, Guru Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi ( KKPI ) dalam Kurikulum 2013 sangat diperlukan. Guru TIK dan Guru Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi juga harus memenuhi kualifikasi akademik yaitu S1/DIV sesuai dengan bidang tugasnya.


Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Guru TIK dan Guru KKPI difungsikan menjadi Guru TIK, yang berperan sebagai berikut :


1. Membimbing peserta didik pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat untuk mencapai SKL pendidikan dasar dan menengah.
2. Memfasilitasi sesama Guru pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK atau yang sederajat dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah.
3. Memfasilitasi tenaga kependidikan dari tingkat SMP sampai SMA atau sederajat dalam mengembangkan sistem managemen berbasis TIK.


Selain Guru TIK berperan seperti tersebut diatas juga mempunyai

kewajiban  untuk :

1. Membimbing  peserta didik dan memberikan fasilitas kepada sesama Guru di tingkat SMP sampai SMA dan yang sederajat sesuai tugas mengajarnya, untuk mencari, mengolah, menyimpan, menyajikan, serta menyebarkan data informasi dalam berbagai  cara untuk kelancaran proses belajar mengajar.
2. Memfasilitasi tenaga kependidikan baik yang mengajar di SMP, SMA, SMK atau yang sederajat untuk mengembangkan Sistem Managemen Sekolah Berbasis  TIK.


Selengkapnya bisa di baca di sini



Referensi :https://www.dropbox.com

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :