Kartu Indonesia Pintar Tambahan



    Kartu Indonesia Pintar Tambahan
              
              
   
Presiden Jokowi di penghujung tahun 2014 meluncurkan Pro
gram Indonesia Pintar. Program ini adalah penyempurnaan dari program terdahulu yaitu BSM    ( Bantuan Siswa Miskin ). Dengan Kartu Indonesia Pintar, diharapkan anak usia sekolah dari keluarga tidak mampu/  miskin, dapat menerima dana tunai secara reguler dari pemerintah untuk membantu biaya pendidikan.

Dalam tahap awal Kartu Indonesia Pintar diberikan bersamaan dengan penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS), dan Kartu Indonesia Sehat         ( KIS ) dan SIM Card ( Kartu Ponsel ) yang berisi uang elektronik bagi  satu juta keluarga penerima KKS di 19 kabupaten/ kota.


Para penerima Kartu Indonesia Pintar  adalah anak usia sekolah dari keluarga pemilik Kartu Perlindungan Sosial atau  pemilik Kartu Keluarga Sejahtera. Mereka adalah yang berasal dari jenjang pendidikan SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ MA. Pembagian KIP diberikan secara bertahap, sehingga belum semua penerima KKS mendapatkan KIP.


Agar supaya mendapat Kartu Indonesia Pintar, maka keluarga penerima Kartu Keluarga Sejahtera agar membawa KKS dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan dari Pemerintah Desa/ Kelurahan lewat RT/ RW setempat, yang berisi pernyataan bahwa anak tersebut adalah betul anggota keluarga penerima KKS, Keterangan itu di bawa ke sekolah / madrasah tempat anak tersebut bersekolah.



Sekolah/ Madrasah kemudian mencatat informasi dari kelurahan atau pemerintah desa tentang anak tersebut ke dalam daftar calon penerima KIP dan selanjutnya mengirimkan formulir ke Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota setempat. 


Selanjutnya Dinas Pendidikan/Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota  mengirimkan rekapitulasi calon penerima KIP ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/ Kementerian Agama. Khusus bagi  sekolah di bawah naungan Kemendikbud, Petugas Operator Sekolah wajib memasukkan informasi siswa ke dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Bila terjadi masalah Anda bisa menyampaikan pengaduan, alurnya seperti gambar berikut : 

Terima kasih.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

1 komentar: