10 Orang Terkaya di Indonesia


                                      10 Orang Terkaya di Indonesia


Untuk kali ke -6 dalam 21 tahun milyarder Bill Gates menjadi orang paling kaya di dunia. Kekayaan Gates naik 3,2 milyard dollarAS selama setahun menjadi 79,2 miliar dollar AS di tahun 2015. Pendiri microsoft ini juga menggelontorkan dana sebesar 1.5 miliar dollar untuk Yayasan Bill & Melinda Gates pada November tahun lalu. Demikian pernyataan majalah Forbes pada 2 Maret 2015 lalu. Sementara itu konglomerat Telekomonikasi Meksiko, Carlos Slim menjadi orang terkaya kedua dengan kekayaan 77,1 miliar dollar AS, melampui investor Warren Buffettdari Amerika yang memiliki kekayaan 72,7 miliar dollar dan menempati urutan ketiga dunia. Pria yang dijuluki Oracle of Omaha tersebut menjadi pemetik keuntungan terbesar di dunia dengan meraup 14,5 miliar dolar sebagai dampak naiknya harga saham Berkshire Hathway. Posisi keempat diduduki Omancio Ortega pendiri grup fashion inditex jang juga pemilik toko ritel busana Zara. Adapun pendiri Face Book Mark Zuckerberg melompat naik lima tingkat di posisi 16. Ini adalah kali pertama dia masuk ke -20 besar dunia . Zack Ma masuk 50 besar terkaya dunia bersama warga Tiongkok.

Terkaya di Indonesia

 Peringkat 1
    Robert Budi Hartono peringkat 142 dunia naik 31 tingkat dibanding tahun lalu. Beliau menjadi orang terkaya ke-1 di Indonesia, dengan kekayaan 9 milyar. Lahir di Semarang, 28 April 1940, umur 74 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum yaitu  Oei Wie Gwan. Kakaknya bernama Michael Bambang Hartono. Total kekayaan Robert pada tahun 2015 yang dicatat Forbes mencapai US$ 9 miliar. Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. menguasai 51 % saham BCA. Selain itu, mereka juga memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 65.000 hektare di Kalimantan Barat sejak tahun 2008, serta sejumlah properti di antaranya pemilik Grand Indonesia dan perusahaan elektronik. Salah satu bisnis Group Djarum di sektor ini bergerak di bawah bendera Polytron yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun. Perusahaan Polytron ini kini juga memproduksi ponsel yang sebelumnya hanya memproduksi AC dan kulkas, produk video dan audio, dan dispenser. Melalui perusahaan yang baru dibuat yakni Ventures Global Prima Digital, mereka juga membeli Kaskus, situs Indonesia yang paling populer.

   Peringkat 2
Michael Hartono 75 tahun merupakan Saudara R Budi Hartono, menduduki posisi kedua terkaya di Indonesia, dia yang merupakan peringkat 151 dunia. Dengan kekayaan 8,7 milyard dollar dalam bisnis bank BCA dan Rokok Djarum. Michael dan Robert bahu membahu mengibarkan bendera Djarum sampai ke luar negeri. Saat ini Djarum mendominasi pasar rokok kretek di Amerika Serikat, jauh melebihi Gudang Garam dan Sampoerna.

Peringkat 3 
 
     Sri Prakash Lohia 62 tahun masuk dalam peringkat ketiga dan  peringkat 341 dunia dengan kekayaan 4,7 milyar dollar dalam bisnis polyster.
Sri Prakash Lohia adalah pendiri dan ketua Indorama Corporation. Indorama Corporation adalah perusahaan petrokimia dan tekstil.Lohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974. Pada tahun 2015, Forbes menempatkannya sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia dengan kekayaan bersih US$4,7 miliar. Pada tahun 1973, Lohia pindah ke Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, dan merintis Indorama Synthetics. Perusahaan tersebut mulai memproduksi benang pintal tahun 1976. Pada 1991, Indorama Synthetics melakukan diversifikasi dan merambah industri serat poliester. Resin poliester botol (PET) mulai diproduksi tahun 1995. Tahun 2006, Lohia mengakuisisi pabrik olefin terintegrasi di Nigeria dan saat ini merupakan perusahaan petrokimia terbesar di Afrika Barat sekaligus produsen olefin terbesar kedua di benua Afrika. Indorama Corporation adalah perusahaan holding utama milik Lohia yang berkantor pusat di Singapura.

 Peringkat 4

Chairul Tanjung 52 tahun masuk dalam peringkat keempat Indonesia, dan peringkat 381 dunia. Dengan kekayaan 4,3, milyard dollar dalam bisnis Trans Corp. Tahun lalau ia menggandeng Turner Broadcasting, meluncurkan CNN Indonesia.
Ia lahir di Jakarta, 16 Juni 1962 usia 52 tahun adalah pengusaha Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian sejak 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014 menggantikan Hatta Rajasa. Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp. Chairul memulainya bisnisnya ketika ia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya ia sukses membangun bisnisnya. Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti  Bank Mega dan CT Global Resources.

Peringkat 5 
    Mochtar Riady 85 tahun menduduki peringkat 5 orang terkaya Indonesia, dan peringkat 714 dunia mengelola berbagai bisnis. Lahir di Kota Malang, 12 Mei1929; umur 85 tahun) adalah seorang pengusaha terkemuka, pendiri dan presiden komisaris dari Lippo Group. Ia banyak dikenal orang sebagai seorang praktisi perbankan andal, serta salah seorangkonglomerat telah berhasil mengembangkan grup bisnisnya hingga ke  luar negeri.



Peringkat 6 
    Peringkat ke-6 Terkaya di Indonesai diduduki oleh Peter Sondakh 63 tahun, yang juga  peringkat 810 dunia dengan kekayaan 2,3 milyard dollar dalam usaha diberbagai investasi  dan Rajawali Group.



Peter Sondakh lahir di tahun 1953. Ayahnya memulai bisnisnya sejak 1954, memproduksi minyak kelapa serta mengekspor kayu. Tahun 1954, ayahnya merupakan inspirasi bisnisnya, meninggal dan akhirnya mewariskan bisnis kecilnya. Dia, Peter Sondakh, yang baru 20 tahun harus mengambil alih bisnis mencari nafkah untuk keluarga. Dia harus membiayai ibu serta empat orang
Ia yang berumur 22 tahun, mengambil alih bisnis minyak kelapa dan ekspor kayu, mendirikan PT. Rajawali Corporation. Melalui Rajawali Corporation, ia memulai bisnis properti sebagai perluasan usaha yang ditekuni ayahnya. 
Peringkat 7
    Bachtiar Karim 58 tahun masuk peringkat 7 dan peringkat 949 dunia dalam bisnis di sektor manufaktur. Bachtiar Karim adalah seorang pengusaha dari Indonesia. Ia beserta saudaranya dikenal sebagai pimpinan Musim Mas Group, yang bergerak di lini bisnis utama minyak sawit atau CPO. Ia adalah sulung dari empat anak Anwar Karim dan bergabung dengan usaha ayahnya sejak 1981.

Peringkat 8
     Theodore Permadi  Rachmat peringkat 8 dan peringkat 1.006 dunia dengan kekayaan 1,9 milyar dollar dalam usaha diberbagai bisnis. Ia (Oei Giok Eng) (lahir di Majalengka, 15 Desember 1943 umur 71 tahun) atau yang lebih dikenal dengan TP Rachmat adalah seorang pengusaha yang berasal dari Indonesia. Awalnya ia dikenal dengan kiprahnya sebagai pimpinan Group Astra, perusahaan yang didirikan oleh pamannyaWilliam Soeryadjaya. Ia memulai kariernya sebagai sales Astra di tahun 1968, setelah dia lulus, ia masuk sebagai karyawan ke-15. Pada tahun 1972, dia dipercaya untuk memulai pekerjaannya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat) hingga tahun  2005.
Selepas dari Astra, ia mendirikan perusahaan sendiri yaitu Triputra Group yang bergerak di beberapa bidang seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor. Selain itu ia turut membesarkan perusahaan tambang batu bara di Kalimantan, PT Adaro Energy.

    Peringkat 9
    Peringkat 9 terkaya Indonesia diduduki oleh Ciputra 83 tahun yang juga peringkat 1.054 dunia dengan kekayaan 1,8 milyard dollar dalam bisnis real estate dalam Ciputra Group.Ir. Ciputra lahir di Parigi Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931; umur 83 tahun) adalah seorang  Insinyur  dan pengusaha. Ia terkenal sebagai pengusaha  properti  yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group dan Ciputra Group. Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra.


 Peringkat 10
Sukanto Tanoto 65 tahun peringkat 1.054 dunia dengan kekayaan 1,8 milyard dollar dalam usaha di berbagai sektor antara lain dalam Raja Garuda Mas. Lahir  25 December 1949) merupakan pengusaha  yang memulai usaha di industry pengolahan kayu. Pada tahun  2003, dia adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dengan nilai aset sebesar 2,3 milyar dollar. Berawal sebagai pemasok peralatan dan kebutuhan bagi perusahaan minyak Pertamina Sukanto Tanoto merintis usaha di bidang kehutanan pada tahun 1972. Kepentingan bisnis Sukanto Tanoto dijalankan oleh kelompok usaha the Royal Golden Eagle International (RGEI), yang dulu dikenal sebagai Raja Garuda Mas.Demikian informasi Versi Majalah Forbes tahun 2015, dan Forbes manyatakan bahwa jumlah milyarder akan terus bertambah,  tahun ini mencapai 1. 826 orang, hal ini dipengaruhi oleh naiknya kurs dollar terhadap Euro dan jatuhnya harga minyak dunia.

Sumber Referensi : id wikipedia.org, Suara Merdeka
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :