Cara Mengatasi Loading Blog Yang Berat

                                             Cara Mengatasi Loading Blog Yang Berat                                                                                          
Cara mengatasi loading blog yang berat, sengaja saya angkat karena pengalaman beberapa waktu   
yang lalu saya mengakses blog saya di tempat kerja, ternyata loadingnya sangat lambat dan berat, bahkan sampai dua atau tiga hari tidak bisa mengakses internet. Padahal kekuatan dan kecepatan akses internet di tempat kerja cukup baik, semula hanya bisa dipakai 3-4 orang yang mengakses internet dengan lancar. Karena sering untuk pertemuan maka ditingkatkan kecepatannya hingga bisa dipakai 40 orang, kesehariannya sangat lancar.  Di rumah juga tidak bisa mengakses bahkan indikatornya hanya berputar-putar. Pengalaman ini saya bagikan kepada pembaca barangkali ada manfaatnya.

Memiliki blog yang loadingnya cepat, pasti diharapkan oleh para blogger, karena sangat menguntungkan, dan bisa mendapatkan traffik dengan baik,  pengunjung juga senang, karena bisa mendapatkan informasi yang sangat  dibutuhkan dengan cepat. Namun apa yang diharapkan kadang tidak demikian, blog bisa lambat loadingnya dan berat, ditunggu berlama-lama dan tidak terbuka juga.  Sehingga pengunjung akan mencari informasi dari blog lain yang loadingnya super cepat. Artikel yang baik bila tidak ada pengunjung juga tidak akan dibaca. Para blogger pasti berharap punya traffik yang melimpah, namun bagi para pemula kadang blognya sepi pengunjung. Namun tidak masalah bila tetap memiliki semangat untuk menulis konten yang hebat dan menarik bagi pengunjung, karena semuanya butuh proses dan pengalaman adalah guru yang terbaik. Motivasi menulis tiap orang tidak sama. Ada yang memang hobby dan ada yang hanya untuk mengisi waktu dengan blog  sebagai buku harian, yang di persembahkan bagi pembaca. Mudah-mudahan bermanfaat bagi orang lain. Persaingan blog saat ini sangat ketat karena banyak bermunculan blogger baru yang hebat. 

Loading blog yang super berat banyak penyebabnya, semua bisa terjadi pada siapa saja. Bila bisa menemukan penyebabnya dengan segera maka solusinya akan lebih cepat, dan akan lancar dan super cepat, penyebabnya antara lain :
Pertama 
Berasal dari server internet, karena ada gangguan sehingga membuat lambat sungguhpun kecepatan internet cukup tinggi, dan kita tidak mengetahui keadaan di server atau barangkali gangguan di satelitnya. Atau penggunaan internet pada waktu bersamaan, seperti pada malam minggu atau jam kerja antara jam 08.00 – 15.00 sering terjadi internet sangat lambat loadingnya. Solusinya hindari penggunaan internet pada jam sibuk,  pilih browsing diwaktu malam hari karena lebih leluasa.
Kedua
Kecepatan akses  internet yang dimiliki memang rendah, sehingga perlu ditingkatkan yaitu kecepatan transfer data pada saat membuka internet lewat blog atau website. Pada saat mengambil data dari pusat data atau server ke komputer memang lambat atau sebaliknya data yang dikirim dari komputer ke server ada gangguan, sehingga menjadikan lambat. Solusinya tingkatkan kecepatan akses internetnya.
Ketiga 
Komputer yang kita pakai untuk mengakses internet tidak maksimal, karena banyak sampah atau data yang tidak dibutuhkan dan gangguan virus bisa menjadikan loading lambat, sehingga sampah atau file yang tidak bermanfaat perlu di buang dan gangguan virus perlu di bersihkan. Gangguan pada komputer perlu diatasi dengan banyaknya  sampah atau file yang tidak terpakai, sehingga bisa muncul not responding, file sampah harus dibuang atau komputer diinstal ulang atau sering di scan anti virus.
Keempat

Bisa juga banyaknya widget variasi yang terpasang di blog, atau banyaknya script pada blog sehingga mengganggu loading blog menjadi sangat berat, solusinya buang saja yang tidak diperlukan. Biasanya bagi pemula seperti saya suka memasang banyak variasi agar kelihatan keren, sehingga sangat mengganggu loading blog. Bisa juga pemasangan iklan yang berlebihan menjadi beban yang berat bagi loadingnya blog, solusinya batasi iklan dalam blog, sungguhpun iklan bisa mendatangkan dollar.
Kelima 
Lambatnya loading bisa dikarenakan ada serangan dari hecker, pernah blog saya yang baru usia sebulan diserang peretas sehingga hampir dua minggu tidak bisa di buka, panik, marah dan malu, karena blog mulai dikenal teman.  Bahkan pernah saya berpikiran untuk menghapus blog, dari pada menanggung malu. Pikiran saya blog ini saya bangun dengan membayar pajak, tapi ada yang iseng dengan mengganggu saya. Solusinya saya berkomunikasi dan mengikuti petunjuk dari google, saya ikuti berhari-hari dan akhirnya bisa teratasi. Barangkali bagi para pemula di bidang ngeblog seperti saya, sering-seringlah ganti pasword agar pasword tidak mudah terlacak teman yang suka iseng. Blog saya yang lain di Wordpres.com juga pernah di bajak orang, untungnya diisi artikel yang baik, dan paswordnya diganti saya kesulitan masuk dan akhirnya sayapun bisa melacaknya, terima kasih karena tidak merusak. Saat ini blog di WP sudah saya hapus secara permanen, dan tidak bisa diakses lagi.

Untuk mengetahui kecepatan loading blog silakan cek di :
http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/


Semoga bermanfaat !

Sumber : Pengalaman Pribadi





 
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :