Guru Harus Mampu Memanfaatkan TIK

                              Guru Harus Mampu Memanfaatkan TIK                                                       

                                                                
Sebagai pendidik profesional  Guru memiliki tugas  utama mendidik, mengajar, membimbing,  mengarahkan,  melatih, menilai, dan melaksanakan evaluasi peserta  didik  pada  pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Karena sebagai pendidik  profesional maka  sumber penghasilan utama adalah dari tugas pekerjaannya sebagai Guru, dalam memenuhi  kebutuhan hidup.  Oleh karena itu Guru harus memiliki keahlian,  kemahiran, atau   kecakapan yang memenuhi standar  mutu atau norma tertentu melalui pendidikan profesi.  Agar Guru mampu melaksanakan tugas  pekerjaannya maka ia harus menempuh pendidikan yang  memenuhi standar kualifikasi akademik S1 Kependidikan atau Diploma IV sesuai dengan perintah Undang-Undang.  Mestinya tugas sebagai guru tidak bisa digantikan oleh orang yang tidak mendapatkan pendidikan profesi keguruan.

Guru yang profesional harus mampu memanfaatkan TIK dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.  Teknologi Informatika dan Komunikasi  mencakup dua hal penting yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Informasi artinya penerangan, pemberitahuan kabar atau berita. Teknologi informasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan proses penggunaan alat bantu dalam menyampaikan  informasi atau kabar. Sedangkan komunikasi adalah  perhubungan,  pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud bisa dipahami. Karena itu teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat untuk mengirim  dan menerima pesan atau berita. Pengertian para peserta didik saat ini bahwa teknologi informatika dan komunikasi adalah yang berkaitan dengan media komputer dan internet.  Singkatnya Guru harus mampu memanfaatkan internet dalam pembelajaran, dengan segala kreativitasnya.

Sebagai dampak pengaruh global, Indonesia tidak bisa menutup diri dari globalisasi, karena itu pendidikan di Indonesia harus mengikuti perkembangan global dengan memanfaatkan teknologi informatika yang terus berkembang pesat. Teknologi informatika dan komunikasi saat ini erat berkaitan dengan pemanfaatan internet, yang diawali dengan kemampuan mengoperasikan komputer.  Saat ini dengan peningkatan kesejahteraan guru melalui tunjangan profesi mestinya mampu memiliki peralatan komputer sendiri. Dengan memiliki komputer dilanjutkan dengan kemampuan menguasai peralatan ini. Sungguhpun belum semua guru mendapatkan tunjangan profesi ini,  dan pemanfaatan komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan di setiap satuan pendidikan. Mestinya di setiap sekolah yang sudah teraliri listrik, pasti sudah memiliki alat ini. Apakah semua satuan pendidikan di Indonesia sudah teraliri listrik ? 

Menurut informasi dari Badan Pusat Statistik masih ada sekitar 12 ribu desa/kelurahan di Indonesia yang belum teraliri listrik sampai akhir 2014 atau sekitar 15,4 % dari desa di seluruh Indonesia yang mencapai 72.944,  demikian cnnindonesia.com mengabarkan pertengahan Februari 2015 lalu. Artinya sekolah yang ada pada desa tersebut  belum teraliri listrik, sehingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pasti terganggu. Oleh karena harapan guru harus mampu memanfaatkan TIK dalam pembelajaran belum bisa terlaksana secara keseluruhan.  Barangkali  bisa diatasi dengan pemanfaatan panel surya, tenaga angin,  atau cara lain. Yang pasti ke depan Guru harus mampu memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran. Memang dengan kondisi daerah yang tidak sama, pemanfaatan teknologi belum berjalan sesuai dengan harapan. 

Petinggi organisasi guru terbesar di Indonesia mengharapkan bahwa paling lambat tahun 2020 semua guru sudah melek TIK. Karena peningkatan mutu pendidikan harus di awali dengan peningkatan mutu guru. Guru merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, itu sudah tidak terbantahkan. Pada saatnya nanti setelah kurikulum 2013 betul-betul di berlakukan di seluruh Indonesia, maka Guru harus betul-betul menguasai TIK. Karena kecakapan pemanfaatan TIK masuk dalam setiap mata pelajaran, semua Guru tahu hal itu, termasuk para peserta didik juga harus mampu menguasai internet. Pemanfaatan internet sangat membantu pelaksanaan pembelajaran baik bagi Guru maupun peserta didik, namun sekaligus juga bisa mengganggu proses pendewasaan siswa. Karena  melalui internet bisa untuk mengakses pornografi dengan bebasnya.

Kita bersyukur dengan penemuan Ipad oleh Steve Jobs, sehingga pendidikan menjadi sangat terbantu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Namun paling tidak penggunaan internet saat ini sebagai suatu kebutuhan bahkan bisa di akses dengan Ipad, tablet gadget dan sejenisnya yang langsung terkoneksi dengan internet menjadikan informasi bisa di akses dengan cepat. Yang menjadi pemenang saat ini adalah yang menguasai informasi, karena itu para guru wajib menguasainya sehingga, bisa mencetak siswa yang hebat, karena ada Guru yang hebat

Semoga Bermanfaat !
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

1 komentar: