Menteri Susi Pudjiastuti Wanita Hebat

                                             Menteri Susi Pudjiastuti Wanita Hebat
Pada awal nama Ibu Susi Pudjiastuti muncul menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan yang dilantik  Senin, 27 Oktober 2014, ada yang meragukan  kemampuan kerjanya karena Ibu Susi hanya berpendidikan SMP karena SMA I Yogyakarta hanya sampai Kelas 2. Bahkan anak-anak ada yang bilang dengan kata-kata cemooh, sekolah tidak perlu tinggi, lulusan SMP juga bisa menjadi Menteri, kata mereka. Bukan hanya memandang rendah seorang Ibu Susi, tetapi Presiden Joko Widodo juga mendapat sorotan yang kurang baik karena berani mengangkat seorang menteri hanya lulusan SMP, sehingga Presiden dianggap sedang membuat sejarah baru di negeri  ini. Latar belakang Ibu Susi adalah seorang pengusaha perikanan yang sukses dan berhasil mengangkat hasil perikanan untuk ekspor serta Ibu Susi seorang pengusaha penerbangan dengan Susi Air yang sanggup menerobos pedalaman Indonesia Timur. Ia seorang pekerja keras dan mandiri dengan belajar secara otodidak, belajar dari pengalaman, beliau sudah malang melintang dalam bisnis produk kelautan, sehingga ia tahu tentang kekayaan kelautan yang dimiliki laut Indonesia, yang banyak dicuri bangsa asing. Sosok dan sepak terjang Ibu Susi dengan berbagai kesuksesan bisa menjadi inspirasi pemuda dan remaja dan kita semua.  Kesuksesan pada umumnya diraih dengan kerja keras,  dalam kurun waktu yang panjang  bukan sekejap, bukan instan. Menjadi sukses bukan berarti tidak pernah jatuh, setiap pengusaha pasti pernah dan sering jatuh tapi terus bangun dan terus bangun sehingga memiliki banyak pengalaman. Kita bisa belajar dari sosok yang satu ini, beritanya menguasai media di negeri ini. Mari generasi muda selagi masih banyak waktu, sempatkan untuk berjuang demi masa depan cari pengalaman langsung sambil belajar tapi juga langsung sambil mencari pengalaman, bukan berarti yang lanjut usia sudah tidak punya waktu lagi, tua juga bisa berkarya. Ibu Susi Pudjiastuti pernah menerima banyak penghargaan  antara lain PeloporWisata dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun 2004 dan  Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008.

Gebrakan Yang Mencengangkan
Ternyata setelah melaksanakan tugas sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, banyak gebrakan yang mencengangkan dengan membunyikan peluit dan genderang untuk menenggelamkan kapal pencuri ikan kapal asing tidak memiliki dokumen yang sah. Sehingga harus di tenggelamkan, bukan hanya diusir karena akan kembali mencuri kekayaan Indonesia, maka harus ditenggelamkan dengan diledakkan untuk membuat efek jera dan kapok. Ibu Susi seorang pengusaha perikanan yang telah memiliki banyak pengalaman pada usahanya. Sehingga  ia memahami betul potensi laut yang banyak dijarah bangsa asing, dan bila penjarahan bisa diatasi maka kekayaan akan bisa menyejahterakan bangsa Indonesia. Ia sebagai pengusaha yang sukses  karena ia seorang enterpreunership yang sukses, dengan memimpin PT ASI Pudjiastuti Marine Product sebuah perusahaan pengekspor hasil perikanan. Pada awalnya banyak yang meragukan kemampuan beliau, ini sebuah pembelajaran bagi semua untuk tidak tergesa-gesa menilai seseorang hanya dari pendidikan, ijazah yang tinggi  tidak menjamin orang menjadi sukses. Ibu Susi adalah buktinya, ia hanya berijazah SMP, dan beliau mengakuinya, namun ia bisa sukses dalam usaha perikanan dan usaha transportasi udara di daerah terpencil dengan Susi Air yang ia milikinya. Ia memiliki 50 ( baca lima puluh ) pesawat, dengan memperkerjakan pilot sekitar 180 orang sebagian besar warga negara asing. Di tahun 2012 Perusahaan Penerbangan Susi Air mendapatkan penghasilan yang mencengangkan yaitu Rp 300 milyar. ( baca : tiga ratus milyar rupiah ). Setelah memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan banyak gebrakan baru yang mencengangkan banyak pihak, dan hampir setiap hari media memberitakannya. Sungguh luar biasa kita bangga memiliki Srikandi sehebat ini. Pendidikan hanya SMP, namun bisa sukses menjadi Menteri, akan tetapi bukan berarti pendidikan tidak penting, pasti pendidikan itu penting.

Keberanian dan Kemauan Keras
Menenggelamkan kapal ikan dengan cara diledakkan adalah suatu keberanian yang luar biasa, kapal asing ditenggelamkan karena terbukti mencuri ikan di perairan Indonesia karena tidak memiliki izin yang sah dari pemerintah Indonesia juga menangkap ikan menggunakan jaring yang dilarang. Kapal diledakkan dengan menggunakan dinamit untuk memberikan efek jera, dan bangkai kapal dapat berfungsi sebagai rumpon sebagai tempat berkumpulnya ikan. Kapal asing yang melanggar diproses sesuai hukum menurut Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009  tentang Perikanan yang menyatakan bahwa pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus, yang berupa pembakaran atau penenggelaman kapal yang berbendera asing dengan berdasarkan bukti yang cukup,  semua dilakukan berdasarkan putusan pengadilan. Sehingga membutuhkan proses jadi bukan ditangkap lalu diledakkan. Kapal asing yang jelas mencuri ditangkap dan diproses lalu diledakkan, Menteri yang satu ini tidak main-main dalam mengambil langkah. Kesuksesan Ibu Susi juga atas dukungan dan kerjasama banyak pihak, baik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan , kejaksaan, TNI AL, dan unsur yang lain. Tepat pada Hari Kebangkitan Nasional 2015 Kementerian Kelautan dan Perikanan menenggelamkan kapal asing berjumlah 41 kapal asing bersama TNI Angkatan Laut karena tidak memiliki dokumen yang sah.

Permintaan  Mundur
Dengan santernya sorotan isu reshuffle Kabinet Kerja, banyak pihak yang pro dan kontra dengan kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan, terlebih para pengusaha yang berkaitan dengan perikanan. Sehingga ada pihak yang meminta untuk mundur dari Kabinet Kerja, sungguhpun dalam pemberitaan media Kementerian Kelautan dan Perikanan dikabarkan yang paling banyak diberitakan tentang kebijakan yang mencengangkan. Diinformasikan Menteri Susi Pudjiastuti supaya mundur dengan kompensasi uang trilyunan rupiah. Informasi ini bersumber dari akun twitternya bahwa ia supaya mundur dengan mendapat kompensasi Rp 5 trilyun. Tetapi Ibu Susi tidak tertarik pada dana sebesar itu, katanya : “Tapi Nurani & Kebebasan saya tidak mungkin saya jual, Indonesia terlalu Hebat untk ribuan Trilyun. Kehormatan yg membawa saya ke jabatan ini,” kicaunya. Memang harga diri lebih penting dari pada uang yang banyak. Sebagai awam menilai bahwa Menteri Susi Pudjiastuti cukup berhasil dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pro dan kontra.

Selamat buat Kementerian Kelautan dan Perikanan !

Tag :
menteri susi 
menteri hebat 
menteri indonesia hebat 
profil menteri kelautan 
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :