Hebatnya Absen Elektronik

Hebatnya Absen Elektronik

Sumber gambar: mesin absensi net

Absen sejatinya untuk mengukur kinerja pegawai atau karyawan dari segi kedisiplinan waktu baik kedatangan maupun kepulangan. Absen konvensional yang terjadi selama ini dengan membubuhkan tanda tangan memiliki banyak kelemahan. Absen adalah salah satu cara untuk membentuk kedisiplinan, pegawai atau karyawan, karena sudah diatur jam kehadiran dan kepulangan. Yang pasti absen karyawan merupakan salah satu cara untuk mengetahui dan mendeteksi kinerja dan kehadiran karyawan atau pegawai.

manfaat Absen

Dengan keberadaan absen akan memudahkan bagi instansi atau perusahaan dalam mengetahui kehadiran dan kinerja karyawan atau pegawainya. Sebuah perusahaan yang mempekerjakan banyak karyawan sangat diperlukan data kehadiran pegawai secara cepat, untuk itulah dengan kemajuan teknologi maka diperlukan mesin absen yang mudah, simpel dan tidak ribet. Absen konvensional dengan membubuhkan tanda tangan dirasa sangat ribet, apalagi bila nama sudah dicantumkan dalam daftar absen akan menyulitkan hanya untuk mencari nama untuk membubuhkan tanda tangan, sungguhpun bisa diatasi dengan tata kelola administrasi kehadiran pegawai oleh perusahaan. Namun akan lebih sederhana bila memanfaatkan absen elektronik yang mudah, dan cepat serta akurat. Karena memantau karyawan yang jumlahnya ratusan juga tidak mudah, maka diperlukan mesin absen yang praktis dan mudah dilakukan yaitu dengan deteksi anggota tubuh baik sidik jari maupun deteksi wajah. Itulah salah satu kehebatan mesin absen sungguhpun secanggih apapun suatu peralatan harus memiliki kelemahan.

absen Konvensional

Absen konvensional dengan membubuhkan tanda tangan yang selama ini digunakan pasti semua sudah mengetahui. Absen ini memiliki banyak kelemahan misalnya absen bisa diakali. Belum waktunya pulang namun karena pimpinan sedang tugas luar dan tidak kembali ke kantor, karyawan dapat membubuhkan tanda tangan dan jam kepulangan sesuai dengan ketentuan. Ini namanya akal-akalan bagi pegawai yang cerdas untuk berbohong. Sungguhpuan hanya sebagian kecil ada yang berperilaku demikian, dibanding yang lain yang tetap tertib dan disiplin sesuai aturan yang berlaku dalam lembaga tersebut.

absen Kartu

Absen kartu digunakan dengan setiap karyawan memiliki kartu identitas, yang bisa di gesekkan pada mesin, dan semuanya di awali dengan identifikasi data personal pada mesin absen. Pemanfaatannya cukup mudah hanya dengan menggesekkan Kartu Identitas pada mesin dan data langsung terekam oleh mesin absen secara otomatis. Kelemahannya bila Kartu lupa tidak terbawa, sungguhpun hadir data tidak dapat direkam oleh mesin, sama saja dengan tidak hadir. Itu salah satu kelemahan sebuah mesin modern rencana manusia.

absen Fingerprint

Perkembangan mesin absen sudah demikian pesat, dengan adanya absen elektronik yang dapat mendekteksi karakter tertentu. Dengan menggunakan mesin absen sidik jari, yang dikenal dengan fingerprint. Mesin ini menggunakan sistem pendeteksian melalui sidik jari pagawai atau karyawan. Sidik jari sulit dipalsukan karena tiap orang memiliki sidik jari yang tidak sama, sehingga mesin absen ini mendekati keakuratan kehadiran pegawai. Mesin ini muncul dan diperkenalkan pada publik pada tahun 1997. Penemu mesin ini berasumsi bahwa sidik jari tidak ada yang sama, meskipun kembar satu telur atau kembar identik sekalipun. Sehingga memiliki keakuratan yang tinggi sebagai mesin absen. 

Memang kita memahami bahwa mesin absen ini memiliki banyak kelebihan, antara lain:
1. Praktis, hanya mencolokkan jari yang mestinya sudah diidentifikasi oleh mesin, sehingga dengan mudah dan 
     sidikjari sudah terrekam dalam mesin absen, bahwa pegawai atau karyawan membuktikan sudah    hadir. 
2. Tidak ada sidik jari yang kembar sehingga keakuratan dalam rekaman mesin absen dapat 
     dipertanggungjawabkan.       
3. Dengan mesin absen sidik jari tidak akan dapat titip absen bagi karyawan yang suka membolos.
4. Data rekaman tidak terbatas sehingga dapat menampung dalam jumlah yang banyak.

Sungguhpun demikian mesin absen ini memiliki kekurangan karena masalah teknis, antara lain:
1. Bila jari dalam kondisi basah, berkeringat, mesin bisa error, sehingga pendeteksian sidik jari dapat terganggu.
2. Gangguan yang lain adalah pendeteksian lambat, sehingga sangat mengganggu karyawan yang antre untuk
     absen.

Absen Deteksi Wajah

Pada prinsipnya mesin absen untuk mengatur dan mendisiplinkan karyawan atau pegawai agar dapat memenuhi harapan perusahaan atau instansi tempat bekerja. Absen deteksi wajah atau face recognition saat ini sudah banyak digunakan oleh instansi atau perusahaan. Sebelum digunakan maka karyawan perusahaan di data baik nama dan rekaman deteksi wajah, untuk menentukan fitur-fitur yang ada pada wajah pegawai atau karyawan, baik berupa alis mata, lebar mulut dan data lain yang dibutuhkan oleh mesin. Dengan menghadapkan wajah yang sudah direkam sebelumnya, maka mesin akan menjawab terimakasih, dan data langsung direkam oleh mesin. Di mesin ini juga dimunculkan indikasi waktu yang terus berjalan sehingga memudahkan para pengguna.

memiliki Kelemahan

Dikatakan bahwa secanggih dan sehebat apapun peralatan buatan manusia harus memiliki kelemahan, kelemahan ini yang sering digunakan untuk mendapatkan keuntungan bagi para pengguna yang nakal. Misalnya jam kerja masuk pukul 07.15, maka dengan menggunakan mesin absen wajah, dapat juga bagi yang rumahnya dekat bisa datang lebih awal untuk merekam wajah, dan nanti hadir di kantor mundur agak siang, demikian pula sebaliknya pada jam kepulangan. di siang hari ia pergi dan kembali setelah mendekati jam kepulangan. mesin pasti merekam dengan benar, namun mesin tidak bisa mendeteksi waktu setelah pukul 07.15 sampai jam mendekati kepulangan. Ini dapat terjadi di instansi apapun juga sehingga pimpinan tidak dapat memantau secara terus-menerus. Bila masalahnya seperti ini berarti bukan salahnya mesin namun perlunya pemberdayaan sumber daya manusianya yang untuk mendapatkan pembinaan. Mudah-mudahan dengan artikel ini akan menambah wawasan bagi para pejabat untuk tidak memanfaatkan mesin untuk kepentingan pribadi.

Semoga Bermanfaat!



Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :