Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Cair Setiap Bulan

Tunjangan Sertifikasi Guru Akan Cair Setiap Bulan


Menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen di sana disebutkan bahwa Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur 
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sedangkan profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai wujud pengakuan yang diberikan pemerintah kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional. Karena Guru adalah pendidik profesional, maka dia berhak mendapatkan Tunjangan Profesi atau yang dikenal dengan Tunjangan Sertifikasi Guru, karena telah memiliki bukti dengan kepemilikan sertifikat pendidik. 

Tunjangan Profesi Cair Tiap Bulan 

Menurut informasi dari Plt Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia Ibu Unifah Rosyidi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku pemegang otoritas pencairan Tunjangan Profesi Guru, mestinya dapat mencairkan tunjangan profesi guru seperti tunjangan profesi para dosen. Selama ini banyak keluhan yaang disampaikan para Guru bahwa pencairan tunjangan Profesi Guru sering terlambat, sehingga seperti bentuk rapelan 3 bulanan dan itupun tidak tepat waktu. Memangnya mengurusi dana yang sekian besarnya juga tidak mudah, dan dana untuk tunjangan Profesi Guru menurut informasi sudah di transfer ke kas daerah di tiap kabupatern / kota, yang selanjutnya baru didistribusikan atau di transfer ke rekening para penerima tunjangan melalui bank yang ditunjuk.  Proses ini membutuhkan waktu yang lama, kecermatan dan ketelitian, sehingga untuk tunjangan Januari- Maret, yang selama ini diberikan tiga bulanan (triwulan) yang mestinya bisa diterimakan pada bulan April, kenyataannya sampai akhir bulan April juga belum masuk ke rekening penerima tunjangan. Maunya Guru penerima memang demikian, tetapi pendistribusian tunjangan profesi memang membutuhkan proses, dan proses itulah yang tidak dipahami para Guru. Namun mengapa tunjangan profesi untuk para dosen bisa diterimakan setiap bulan. Sehingga wajarlah bila Plt. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia menanyakan demikian.

Selama ini Penerimaan tiap Triwulan

Selama ini mekanisme pencairan Tunjangan Profesi Guru memang dalam bentuk rapelan 3 bulanan, sehingga dalam satu tahun ada 4 kali penerimaan Tunjangan Profesi Guru, bila terlambat bisa dicairkan sekaligus 6 bulanan. Ini yang berlaku umum di lingkungan Dinas Pendidikan, berbeda lagi dengan Tunjangan Profesi Guru yang melalui Departemen Agama.
Harapan para Guru tetap sama yaitu mengharapkan bisa dicairkan setiap bulan, sekaligus melalui rekening gaji bulanan. Itu wajar-wajar saja karena kebutuhan hidup itu bukan tiga bulanan tetapi setiap hari, sehingga wajarlah bila Guru meminta dicairkan tiap bulan.  Informasi yang disampaikan oleh Bapak Sumarna Surapranata selaku Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, bahwa mekanisme pencairan Tunjangan Profesi Guru yang dirapel tiga bulanan itu bukan harga mati, artinya bisa diubah dan bisa dicairkan setiap bulan seperti Tunjangan Profesi para Dosen, hanya memang diperlukan regulasi khusus untuk mengaturnya. Aturan khusus inilah yang sangat diharapkan oleh para Guru Penerima Tunjangan Profesi. 

Belum Menerima TPG

Semoga kinerja Para Guru akan semakin profesional, dengan mekanisme pencairan Tunjangan Profesi dari tiga bulanan menjadi tiap bulanan. Dan perlu dipahami bahwa masih banyak para Guru yang sudah mengabdi lama yang belum menerima Tunjang Profesi Guru, bahkan mereka belum pernah mengikuti Pelatihan Profesi Guru. Karena PPG yang dilaksanakan secara mandiri oleh guru biayanya juga tidak sedikit. Sehingga mereka menyebutnya  biaya sertifikasi-guru mahal

Kita tunggu saja apa betul cair setiap bulan!

Saya sangat berterima kasih bila Anda Para Pembaca dapat membantu saya untuk mengerjakan survey singkat ini, sekitar 1 menit sangat bermanfaat bagi saya, klik  di sini

Terima Kasih!



Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :