Membuat Blog Gratis Blogspot.co.id

Membuat Blog Gratis Blogspot.co.id


Cara Membuat Blog Gratis Blogspot.co.id itu gampang bagi yang sudah ahli, namun menjadi tidak mudah bagi yang tidak mengerti sama sekali tentang blog, karena belajar ngeblog agar menjadi pintar itu butuh waktu yang panjang, membutuhkan proses secara bertahap dan terus menerus. Belajar ngeblog bukan hanya sekedar mampu membaca dengan memiliki banyak buku, namun yang lebih penting adalah berani mencoba dan tidak takut salah. Semua dapat dipelajari dengan mudah asalkan mau belajar, belajar bukan hanya membaca tetapi mencoba, bila salah maka coba lagi sampai benar. Artikel ini sengaja ditulis untuk memberikan motivasi kepada pembaca yang memang belum memahami seluk-beluk blog, karena ada yang  bertanya tentang cara membuat blog, sungguhpun artikel sejenis ini melimpah di internet. Semua yang mau belajar dan berani mencoba memiliki potensi yang sama untuk sukses dan berhasil. Bagi yang belum berhasil bukan berarti tidak berhasil, namun karena belum mengetahui cara agar bisa berhasil. Belajar membutuhkan kerangka berpikir, semangat dan strategi untuk menjadi pemenang. Setelah berhasil maka blog Anda bisa dilengkapi dengan Cara Membuat Recent Comment dan yang lain.

Pengertian Blog

Dalam mempersiapkan belajar Membuat Blog Gratis Blogspot.co.id, sehingga betul-betul dapat membuat blog,  ada baiknya mengetahui tentang pengertian blog, sehingga memiliki gambaran yang utuh. Blog adalah singkatan dari weblog yang diperkenalkan pertama kali oleh John Barger pada Desember 1997. Ia menyebutkan bahwa weblog itu sebuah website pribadi yang selalu di update secara berkala. Pembuat blog dikenal dengan blogger, melalui tulisannya di blog seorang blogger mudah diketahui isi hati dan karakternya. Karena tulisan yang ia sampaikan merupakan curahan isi hati dalam bentuk tulisan. Untuk membuat website atau blog, diperlukan keahlian khusus  tentang domain, hosting dan HTML. Biasanya hanya orang yang bekerja di lingkungan pembuatan blog yang memahami tentang itu. Namun tidak menutup kemungkinan kita yang awam asal mau belajar pasti bisa, karena tidak ada yang tidak bisa dikerjakan, semua pasti dapat dikerjakan. Artinya semuanya pasti bisa dikerjakan dan diselesaikan asalkan kita mau berlatih.

Macam-macam Blog

Ada blog berbayar dan ada blog gratisan, blog berbayar dimaksudkan adalah blog yang membayar pajak bulanan yang dibayarkan setahun sekali, membedakannya mudah yaitu yang menggunakan dot.com, seperti blog ini topyulianto.com, dot.org dan masih banyak yang lain. Blog berbayar nama blognya, atau istilah dalam blog, domain dan hosting harus membeli di penjual hosting atau lewat jasa pembuatan blog. Namun kita akan fokus pada blog gratisan milik google yaitu blogspot.co.id, dulu blogspot.com. Ada blog gratisan yang lain seperti wordpres.com dan yang lain.

Cara Buat Blog blogspot.co.id.

Pertama harus memiliki email, disarankan dengan gmail agar nyambung, karena gmail milik google. Di artikel ini tidak dijelaskan cara membuat email, karena pembaca pasti sudah memiliki email.

Langsung ke pembuatan blog.

1. Login ke http://blogger.com atau langsung ke blogger.com dengan gmail.
2. Anda akan dibawa ke halaman blogger.com/home seperti gambar di bawah ini.




3. Tulis Alamat blog dan Judul yang anda kehendaki.
    Misalnya : namasaya.blogspotco.id. menentukan nama tidak sekali jadi karena nama tersebut barangkali sudah
   ada yang memiliki, sehingga tertlulis, maaf nama ini tidak tersedia dan ulang kembali sampai tertulis : alamat ini
    tersedia. Bila muncul tulisan alamat ini
    tersedia berarti bisa dilanjutkan dan  Tulis judul Blog, misalnya Blog
    Informasi.
4. Setelah nama tersedia dan Judul Blog Anda tulis, maka klik buat blog, pada bagian bawah yang berwarna kuning,
    sehingga akan muncul seperti ini berarti blog sudah jadi.
5. Selanjutnya tinggal di edit disesuaikan dengan template yang anda senangi.
6. Bila Anda menghendaki template yang bagus, bisa mencari yang free template.
7. Pilih yang disukai dan warna serta modelnya anda suka.
8. Silakan di unduh, download, dan hasilnya berupa winrar template.
9. Selanjutnya anda ekstract, ambil template bentuk type XML
10. Kembali ke semula pada blog yang sudah jadi.



11. Klik yang saya tujukkan dengan tanda panah.
12. Unggah template bentuk XML tadi caranya demikian :



13. Klik Choose File, ambil file template XML
14. Klik Unggah kotak di bawah choose file.
15. Maka akan jadi blog sesuai template yang anda inginkan.
16. Pekerjaan belum selesai, karena masih mengedit template untuk menyesuaikan menu yang diharapkan. Bila
      takut salah berhenti dulu sampai sini, kali lain di lanjutkan.

Selamat Mencoba !




Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :