Tuntutan Menulis Artikel di Blog

Tuntutan Menulis Artikel di Blog

Banyak pengalaman yang didapatkan selama bekerja di lingkungan pendidikan, pengalaman itu sengaja saya tulis agar orang lain dapat mengetahui dan barangkali bermanfaat bagi Pembaca, bagi yang tidak membutuhkan informasi ini abaikan saja. 
Banyak suka dan duka sebagai Pendidik, karena mendidik anak bangsa itu memang sangat idealis karena masa depan negeri ini ada di tangan generasi muda yang kita didik saat ini. Namun juga ada orang tua murid yang kadang tidak pernah mengerti tentang makna pendidikan, sehingga bila putranya membandel di sekolah dan diingatkan oleh Guru, sering tidak dapat menerimanya. Bahkan saat ini Guru yang mendisiplinkan peserta didik, justru di permasalahkan sampai lembaga hukum. Memang pemerintah perlu membuat aturan tentang Perlindungan Hukum bagi Guru yang sedang melaksanakan tugas pekerjaannya. 

Karena generasi muda kita harus terdidik dengan baik agar menjadi generasi muda yang bermasa depan. Tantangan Pendidikan sudah barang tentu banyak antara lain sekolah kekurangan Guru yang jumlahnya banyak dan sampai artikel ini saya tulis belum terpecahkan. Perubahan kurikulum yang harus menyesuaikan lagi. Penggantian buku ajar yang memberatkan wali murid dan masih banyak lagi. Kemampuan membaca dan menulis yang masih rendah termasuk Para Guru. Banyak Guru yang suka membaca namun tidak mampu menulis, walaupun ada juga guru yang tidak senang membaca, pasti menghadapi kesulitan untuk menulis. Karena penulis yang baik pasti diawali dengan menjadi pembaca yang baik. Sesulit apapun suatu permasalahan bila mau belajar pasti dapat diselesaikan juga. Salah satu persyaratan naik pangkat Guru adalah mampu membuat karya ilmiah, dan itu tidak mudah karena tugas Guru untuk mengajar bukan sebagai peneliti. Sehingga karena suatu aturan yang harus dihadapi terpaksa membuat karya tulis yang bukan asli tulisan sendiri alias karya tulis bodong. 


Ide Membuat Blog Pribadi

Blog ini saya buat dengan melalui perenungan yang mendalam, karena idealisme pribadi bahwa Guru harus mampu menulis, yang diawali dengan kemauan  membaca secara intensif. Sehingga melalui blog ini menjadi pintu awal agar teman  mau membaca artikel blog ini sebagai titik awal untuk memiliki blog pribadi. Dengan demikian mereka akan terbeban untuk menulis secara rutin yang disalurkan melalui blog pribadi. Anda bisa membuat blog pribadi yang gratisan, panduan di internet cukup banyak atau anda dapat membaca artikel tentang Membuat Blog Gratis Blogspot. co.id.
Bila blog berbayar dengan dot.com, dot net atau yang lain harus membeli domain dan membayar hosting serta pajak tahunan. Itu agak ribet namun bila blogspot.co.id itu tidak ada pajak tahunan, dan alexa rank juga bisa baik,  termasuk bisa menjadi publisher iklan yang bisa mendatangkan uang. 

Tuntutan  Menulis di Blog

Tulisan ini sebagai motivasi bagi siapapun yang memiliki blog sehingga ada tuntutan untuk menulis, dan menulis artikel di blog juga supaya memenuhi persyaratan, agar artikel mudah terindek oleh mesin google. Menulis pada awalnya mengalami kesulitan termasuk  para  nesbie dan peminat blog. Karena itu saya tidak terpengaruh dengan tulisan atau artikel lain, walaupun aku suka membaca artikel di blog lain melalui blogwalking. Pengalaman itu menjadi pedoman karena ada tertulis “ Experience is the best teacher” Pengalaman adalah Guru yang baik, guru yang baik yaitu Guru yang memiliki banyak pengalaman. Sebagai Pengajar saya juga menyarankan kepada mahasiswa agar memiliki blog, sebagai tempat menyalurkan tulisan dan juga dituntut untuk menulis di blog, yang akhirnya menjadi terbiasa menulis yang diawali dengan banyak membaca.

Saya membuat blog dari belajar mandiri dan tidak ada master yang mengajarinya, hanya bermodalkan nekad dan ketekunan, yang akhirnya menemukan teori baru yaitu, “ Bila mau belajar pasti bisa.”  Pada dasarnya tidak ada orang bodoh, yang ada karena mereka belum menemukan cara untuk menjadi pintar. Cara untuk menjadi pintar tentu mau mengerjakan  melalui belajar. Belajar itu dapat menemui kesalahan dan kegagalan, dan bila belajar jangan takut salah, bila takut salah maka selamanya tidak akan pernah belajar dan pasti tidak akan pernah bisa mengerjakannya. Artikel ini sengaja saya tulis untuk memberikan motivasi, bahwa bila mau belajar pasti walaupun lambat  akan menjadi pintar. 

Semoga Bermanfaat !


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :