Usaha Mendatangkan Trafik Blog

Usaha Mendatangkan Trafik Blog

Usaha Mendatangkan Traffik itu wajib bagi pemilik blog, karena memiliki blog pada awalnya tidak terpikirkan tentang kehadiran pengunjung blog, karena pertama punya blog dan mampu mengisinya dengan artikel itu sudah merupakan kepuasan dan kebanggan tersendiri. Tetapi dalam perjalanan waktu karena pada dasarnya manusia itu terus berkembang nalarnya dan tidak ada puasnya. Akhirnya kepikiran juga tentang cara mendatangkan pengunjung. Pada awal menulis artikel dan ternyata dapat muncul di halaman pertama pencarian dan artikelnya bertengger di rangking satu yang merupakan top 10 google senangnya luar biasa. Hampir setiap saat blognya selalu di buka dan dicermati ternyata bisa juga muncul di halaman pertama, lho kok bisa.

Cara mendatangkan trafik versi saya :

1. Buatlah artikel yang unik

Artikel unik menurut saya adalah artikel yang dibuat sendiri dan tidak ada pesaingnya, selain itu artikel ini banyak dibutuhkan oleh para pembaca, mereka membutuhkan informasi dari tulisan ini. Menurut pengalaman bisa juga tulisan ini tidak melalui riset, namun setelah ditulis ternyata banyak peminatnya untuk membaca karena mereka butuh informasi ini. Tetapi memang sebaiknya menulis artikel harus melalui riset kata kunci, sehingga artikelnya SEO Friendly.


2. Artikel pasti bukan hasil copi paste

Merupakan hasil penelitian di lapangan, bukan dari riset kata kunci. Pada awal saya menulis artikel yang langsung bertengger di halaman pertama, memang saya lakukan penelitian di lapangan, karena bekerja di lingkungan pendidikan, maka pada waktu tugas keliling ke sekolah hampir seluruh kecamatan se-kabupaten. Ditemukan data tentang tenaga kependidikan yang layak ditulis untuk sebuah artikel. Ternyata betul artikel itu muncul di halaman pertama pencarian di urut satu, dan terus bertengger sampai berbulan- bulan., yaitu tentang Harapan Guru Wiyata Bakti.


3. Artikel berisi masalah yang banyak di minati pembaca

Artikel yang dibuat dan langsung muncul di pencarian memang merupakan  permasalahan yang dialami tenaga kerja  di lingkungan pekerjaan, yang sekaligus merupakan masalah nasional dan belum ada yang mengangkat dalam blog. Bisa juga  merupakan keberuntungan atau kebetulan, sehingga artikelnya selalu terindek oleh  mesin pencarian.

4. Berkomitmen dengan Penggunaan Ejaan Baku

Kemampuan menulis tidak mesti harus memiliki pendidikan yang tinggi, walaupun pendidikan tinggi dapat memengaruhi kemampuan menulis. Tahun 80-an tulisan saya pernah dimuat di Harian Nasional di Jakarta yang distribusinya sampai ke seluruh Indonesia, dan ada juga yang di muat di beberapa Buletin setingkat Provinsi, saat itu saya lulusan setingkat SMA. Ini adalah bukti bahwa pendidikan tidak berhubungan langsung dengan kemampuan menulis. Tetapi memang ejaan sangat disoroti dalam setiap artikel yang masuk ke redaktur media, karena artikel yang tidak dimuat pasti ada komentar terutama penggunaan ejaan, penggunaan diksi atau pilihan kata dan kontek makna kalimat. Sehingga aturan tatatulis atau ejaan tetap harus diperhatikan.

5. Artikel merupakan pengalaman langsung

Setiap orang memiliki pengalaman dan sudut pandang yang berbeda, sungguhpun beberapa orang menulis tentang satu objek yang sama, namun hasilnya akan berbeda. Karena mereka memiliki kemampuan sudut pandang dan intuisi yang berbeda, kemampuan menulis yang berbeda, termasuk cara memilih diksi atau pilihan kata dan gaya kepenulisan juga tidak sama. Terbukti bahwa tulisan yang  dialami penulis secara langsung dengan diskripsi yang runtut, akan membuat pembaca menjadi jelas tentang hasil tulisannya. Perbedaan diskripsi ini disebut sebagai tulisan unik yang tidak dimiliki oleh orang lain. Ahli pendidikan ada yang pernah mengatakan bahwa pengalaman langsung sebaiknya di tulis agar orang lain dapat menikmatinya., baik sebagai pengetahuan maupun sebagai referensi.

6. Blog memenuhi harapan google

Menurut saya mesin pencarian itu sudah dirancang sedemikian canggih, sehingga memiliki kemampuan untuk mendeteksi blog di suruh dunia yang jumlahnya jutaan. Persyaratan blog yang umum kita kenal adalah memiliki menu artikel populer atau popular post, arsip, recent post, recent comment, categories, dan lain-lain. Selain itu blog menjadi sangat menarik, karena tampilan bersih, menyenangkan dan membuat pembaca menjadi betah berlama-lama di blog termasuk mesin robot. Menurut saya blog tidak terlalu banyak asesoris dan barangkali iklan yang menutupi artikel, sehingga sangat mengganggu pembaca dan mungkin juga mesin telusur, itu hanya perkiraan, namun tidak selalu demikian.

7. Kemampuan mengunjungi blog lain/ blogwalking

Blogwalking maksudnya adalah berkunjung ke blog lain untuk membaca artikel, dan usahakan rank blog yang dikunjungi memiliki alexa rank yang baik, diatas alexa rank yang kita punya. Sungguhpun berkunjung ke blog lain itu bebas dan sah-sah saja sesuai kebutuhan pembaca. Setelah anda berkunjung dan membaca artikelnya, maka diharapkan Anda memberikan komentar, dan tinggalkan jejak yang merupakan nama blog Anda. Barangkali jejak ini akan bermanfaat bagi kita karena diantara pengunjung yang memberikan komentar tahu alamat blog kita dan akan mereka bila tertarik maka akan berkunjung lagi. Dan perlu dipahami sungguhpun berkomentar itu hak pribadi, namun etika berkomentar harus selalu menjadi pertimbangan, komentar itu harus sopan, dan tidak mengandung sara karena kita hidup dalam negara yang pluralis, tidak menyudutkan perorangan dan kelompok tertentu, walaupun faktanya ada komentar yang tidak layak, dan itu akan menjadi bukti karakter orang yang memberikan komentar.

8. Selalu  perbaiki dan di edit blog


Blog yang kita miliki setelah diisi dengan artikel yang baik, barangkali banyak pengunjung yang mendatangi blog, dan ada komentar yang perlu ditanggapi, juga perlunya memperbaiki atau mengedit tulisan yang ada di blok kita secara berkala. Sehingga terkesan blog yang kita miliki itu terawat dengan baik, dan pengunjung akan merasa nyaman dengan perawatan yang terus kita lakukan, karena itu perlu editing bila sudah masuk online, termasuk lay out, atau tata letak huruf dan kata, bisa juga menjadi kacau, karena itu perlunya editing. Mengedit tulisan di blog untuk artikel baru, itu tidak mudah namun bisa dilakukan, karena tiap template memiliki karakter yang berbeda. Ini pengalaman dari beberapa blog yang saya miliki, sehingga untuk mempublikasikan artikel baru setelah muncul di blog, kalimat atau sejumlah kata menjadi tidak teratur, ada kata yang berjarak beberapa spasi yang harus diperbaiki dan tulisannya tidak rapih, karena itu perlu editing yang membutuhkan waktu lama. Yang sering lupa dari perhatian kita adalah merapikan artikel, usahakan artikel dalam tampilan blog itu rapih, di margin kanan dan kiri, caranya artikel di blok dan klik justify supaya artikel rata kiri dan kanan, seperti artikel yang sedang Anda baca ini.

Semoga Bermanfaat !





Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :