Resolusi Pribadi Tahun 2017

       Resolusi Pribadi Tahun 2017                 
 

Pada tahun sebelumnya telah ditulis sebuah artikel tentang Merancang Resolusi Pribadi 2016. Namun demikian perlunya evaluasi dari apa yang telah dirancang, barangkali target terpenuhi atau bahkan tidak tercapai karena terlalu tinggi atau sebab lain. Dalam KBBI dijelaskan tentang pengertian resolusi, secara sederhana adalah sebuah kebulatan tekad berupa rencana atau tuntutan dan harapan yang telah diputuskan secara pribadi atau bersama dalam sebuah pernyataan atau  kebulatan tekad yang harus dicapai di tahun yang akan datang. Dengan menyusun resolusi pada awal tahun merupakan hal yang sangat penting  untuk memberikan panduan atau arah agar perjalanan ke depan akan semakin baik. Berhasil atau tidak yang mengerti adalah dirinya sendiri, paling tidak setiap individu pasti punya rancangan yang menjadi target yang harus dicapai. Dengan membuat sebuah keputusan maka perjalanan ke depan akan lebih terarah untuk mendekatkan diri pada target.

Tahun 2017 ini banyak agenda pemerintah yang dapat memengaruhi target pribadi, misalnya dengan kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan harga BBM, kenaikan pajak kendaraan dan adanya Pilkada serentak, yang cenderung suasana politik akan menghangat dapat mempengaruhi resolusi pribadi.

Di akhir tahun 2016 kita semua melihat, menyaksikan lewat media elektronik dan media sosial  adanya   gelombang demo yang menyita perhatian masyarakat banyak, karena ada kepentingan kelompok tertentu dan bernuansa politik. Bahkan adanya berita bohong, berita yang menyinggung SARA, menyinggung kebhinekaan, dan mengganggu persatuan NKRI.  Kondisi seperti ini pasti mempengaruhi perekonomian yang ada termasuk target pribadi yang telah dirancangkan dalam resolusi.

Dengan kondisi perpolitikan yang memanas karena adanya Pilkada serentak maka rancangan dan harapan bisa terganggu. Harapan kepada pemerintah agar semua dapat terselesaikan dengan baik, sehingga keamanan terkendali, dan masyarakat boleh menjalankan aktifitasnya dengan baik.

Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang karena itu misteri, dan hanya Tuhanlah yang tahu, namun tidak berlebihan bila kita merancang sebuah target dan memohon agar target dapat tercapai. Karena itu diharapkan agar setiap rancangan dalam resolusi senantiasa melibatkan Tuhan Yang Maha Kuasa melalui  doa. Karena dengan berdoa berarti ada komunikasi dengan Tuhan, memohon agar rancangan dalam resolusi dapat tercapai, namun manusia tidak bisa memaksa pada Sang Khalik. Biarlah kehendak-Mu yang terjadi, sehingga kita mengizinkan rencana Tuhan yang boleh terjadi dalam kehidupan manusia.

Bantu aku mengerjakan survey, klik di sini

Resolusi sebaiknya dibuat pada akhir tahun menjelang pergantian tahun, sambil melakukan evaluasi resolusi tahun sebelumnya.

Secara sederhana kita dapat membuat Resolusi Pribadi :

1. Kehidupan Rohani
Kehidupan seseorang dapat berubah dalam kehidupan rohaninya, yang semula penuh cemar menjadi sangat alim dan sangat rohani, karena telah terjadinya pertobatan, sehingga lebih mendekatkan diri kepada Sang Khalik.
2. Menjaga Kesehatan
Kesehatan perlu dijaga, karena rancangan yang indah tidak ada artinya bila kita sakit. Barangkali perlu menjaga pola makan dan olahraga teratur, Banyak yang dapt dilakukan dengan menjaga kesehatan ini, saat ini banyak yang tidak dirasakan oleh kebanyakan orang dengan adanya gangguan gula darah, karena itu perlu mengurangi gula, berhenti merokok dan yang lain.
3. Rancangan Pendidikan
Target agar pendidikan selesai tepat waktu, baik yang sekolah maupun kuliah, banyak yang terganggu menyusun skripsi, ataupun tesis. Tidak tahu apa yang akan ditulis dari mana memulainya. Banyak cara yang dapat dilakukan yaitu dengan konsultasi dengan guru maupun dosen, sehingga target akan cepat selesai dan mulai mencari referensi, mencari buku, mulai membaca dan harus ada keberanian menulis dengan sering konsultasi dengan pembimbing. Karena terlambat selesai berarti tambah biaya.
4. Rancangan Mendapatkan Pekerjaan
Yang berkaitan dengan mendapat pekerjaan, maka harus selalu aktif mencari informasi terkini lewat bursa lowongan pekerjaan, rajin browsing mencari lowongan pekerjaan. Rajin membaca iklan lowongan pekerjaan, mamu membeli koran tiap hari 2 atau 3 harian sampai mendapatkan pekerjaan. Bagi yang sudah bekerjaada target untuk naik pangkat dengan menyusun karya tulis barangkali sebagai syarat kenaikan pangkat.
5.  Hubungan Kekerabatan dan Kekeluargaan.
Tidak kalah pentingnya tali silaturahmi antar keluarga dan kerabat, sehingga komunikasi akan makin baik. Semuanya itu perlu rancangan, karena dengan kemajuan teknologi kadang silaturahmi bisa terabaikan karena berbagai kesibukan sebagai alasan.

6.  Pengelolaan Keuangan
Pengelolaan keuangan mudah diucapkan, namun sulit dilaksanakan karena berbagai alasan. Namun dengan perencanaan yang matang maka keuangan dapat dikelola dengan baik. Masyarakat yang makin konsumtif dengan kebutuhan yang meningkat, sering membeli barang yang diinginkan bukan yang dibutuhkan. Sehingga keuangan dapat kacau bila sudah demikian.

Di lingkungan masyarakat Indonesia pada umumnya istilah resolusi belum banyak yang membuat rancangan secara tertulis dan kadang hanya di angan saja. Sehingga bisa terjadi perencanaan dan pelaksanaan sering tidak sesuai. Namun demikian artikel ini sebagai bentuk panduan, sehingga arah dan tujuan akan semakin jelas dan tidak berbelok arah dari yang sudah direncanakan.

Semoga bermanfaat !

Klik baner ini sebagai bagian Resolusi Anda !

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :