Tips Menuju Sukses

 Tips Menuju Sukses

Dalam KBBI terbitan tahun 2001, sukses artinya berhasil atau beruntung. Saya cenderung menggunakan kata berhasil, dari pada kata beruntung, karena berhasil merupakan prestasi dari hasil kerja keras sedangkan beruntung bisa ditafsirkan  bukan hasil kerja sendiri yang cenderung ke masalah nasib. Jadi orang sukses adalah orang yang berhasil dalam hidupnya karena kerja keras, sehingga dapat tercapai tujuan yang diharapkan.  Seseorang dapat meraih sukses di suatu bidang, namun tidak sukses pada bidang yang lain. Karena jarang orang yang berhasil dan sukses di semua bidang. Sehingga orang yang sukses,  sesuai dengan bidang keahlian atau ketrampilan yang ditekuninya. 

Semua pasti punya harapan untuk sukses dalam mengarungi hidup ini, dengan berkecukupan sandang, pangan, papan, keuangan, kedudukan dan yang lain. Paling tidak hidupnya selalu berkecukupan dan tidak pernah kekurangan, misalnya bidang keuangan. Di lingkungan kehidupan sosial   pada umumnya orang dianggap sukses hanya dilihat karena  rumahnya bagus, memiliki jabatan yang mapan, berpenghasilan yang lumayan, sungguhpun lumayan juga sulit diukur. Memiliki kendaraannya mulus keluaran pabrik terkenal dan memiliki banyak usaha dan yang lain. Sepintas orang akan mengatakan dia orang sukses, tapi bukan karena keserakahan, karena korupsi atau karena warisan dari leluhurnya. Harta yang melimpah karena warisan bukan yang dimaksudkna dalam artikel ini, memang ada yang berlimpah harta karena warisan dan itupun tidak dijamin dapat langgeng.

Bagaimana agar kita sukses ?
Untuk menjawab ini mestinya kita membatasi tentang sukses bidang yang mana.   Untuk menjadi sukses antara lain : 

1.    Belajar dan terus belajar.
Dengan belajar secara terus menerus, sesuai bidang yang ditekuninya, orang dapat meraih kesuksesan, karena yang tekun belajar pasti memiliki keseriusan dalam berusaha,  bila jatuh ia akan bangkit dan terus bangkit. Supaya dalam belajar dapat sukses maka harus memiliki komitmen atau janji pada diri sendiri. Douglas Brown ahli bahasa pernah mengatakan bahwa untuk mencapai sukses maka dalam belajar harus memiliki komitmen  secara fisik, artinya ia betul-betul mau belajar dan mau mencari materi pembelajaran yang dibutuhkan agar dapat tetap bisa belajar, dan juga secara mental dan emosional.

2.    Disiplin
Disiplin artinya patuh atau taat pada aturan, yaitu aturan yang dibuat sendiri untuk mencapai sukses. Seperti Thomas Alva Edison, beliau sangat disiplin dalam melakukan percobaan bahkan tak pernah menyerah, sungguhpun percobaan selalu gagal, dan gagal lagi, tapi terus mencoba lagi dan mencoba lagi. Tak tanggung-tanggung, Thomas Alva Edison melakukan percobaan sampai ratusan, bahkan ribuan kali. Tepat pada percobaan ke 9.955 ( baca : sembilan ribu sembilan ratus lima puluh lima kali ) baru berhasil menemukan lampu pijar.


3.    Mau melakukan
Bagaimanapun juga praktek atau untuk melakukan aktifitas sangat diperlukan dalam mencapai kesuksesan. Cita-cita sukses bukan hanya diangan saja, walaupun untuk meraih keberhasilan memang diawali dengan bermimpi dahulu. Dengan bermimpi maka sudah memasuki tahap komitmen pada diri sendiri. Bila hanya terus menghafal teori tentang belajar dan belajar serta menghafalkan pengertian disiplin, maka harapan tetap hanya  harapan.   Dengan melakukan aktifitas maka akan mendapatkan pengalaman, dan dalam melakukan praktik untuk tidak takut menghadapi kegagalan dan kesalahan. Karena dengan melakukan akan menambah pengalaman dan akan menemukan cara yang terbaik untuk mencapai kesuksesan.

Hidup ini sebuah pilihan, kita harus mau menentukan pilihan untuk keberhasilan diri sendiri. Setiap orang mempunyai pilihan yang berbeda untuk meraih kesuksesan sesuai dengan bakat dan talenta masing-masing.

Karena itu tidak ada orang bodoh, karena setiap orang mempunyai peluang yang sama  untuk dapat  sukses dalam hidup, bagi yang belum sukses disebabkan karena  belum menemukan cara yang tepat yang berkaitan dengan  kerangka berpikir,  semangat dan strategi untuk  menjadi seorang  pemenang.  Pada dasarnya semua memiliki potensi masing-masing, semua boleh sukses bila mau berusaha.

Semoga bermanfaat !


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :